Rabu, 16 Juli 2014

Perkembangan Teknologi Masa Kini

Teknologi informasi dan komunikasi bukan saat ini saja munculnya, bahkan sudah dimulai sejak zaman pra sejarah. Bagaimana bisa? Bentuk awal komunikasi pada saat itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Kemudian diciptakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Kemudian manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak sampai disitu penelitan terus dilakukan dalam menciptakan alat-alat yang mampu memudahkan pekerjaan manusia.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Dengan ditunjang teknologi informasi telekomunikasi data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sehingga sekarang sedang semarak dengan berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-mail (electronic mail).
Zaman sekarang, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Kebutuhan internet yang sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar. Memang  IT ini suah tidak asing lagi bagi banyak orang, apalagi di zaman sekarang IT sudah seperti makanan sehari-hari yang dibutuhkan di kalangan siapa saja.

Bahkan sekarang orang-orang banyak yang berjualan saja sekarang membutuhkan IT, benar tidak? Mereka menggunakannya untuk promosi agar lebih luas yang mengetahui bisnis mereka.Apalagi Sekarang banyak sekali layanan-layanan akses internet yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita,.
Ada lagi layanan internet yang menggunakan Wireless Lan yang merupakan akses internet tanpa kabel atau menggunakan gelombang elektromagnetik seperti akses GPRS menggunakan handphone (yang paling sering diakses anak remaja), PDA, laptop, dll. Selain itu sinyal Hotspot yang sering disebarkan ditempat-tempat seperti Mall, Cafe, Kampus, atau berbagai tempat lainnya bisa digunakan untuk mengakses internet, kita hanya perlu membawa peralatan mobile kita ditempat tersebut dan berinternetan disana. Banyak sekali akses sekarang ini, jika dilihat anak jaman sekarang itu sudah pintar. Saya tidak memandang dari pergaulan, namun dari ilmu saja, dibandingkan anak anak jaman dulu. Lihat saja anak sekarang, masih SMP sudah bisa surfing internet, seperti membuat akun pada media sosial yang sedang booming dan bisa juga buat blog. Coba kita flash back. Anak smp dulu tidak mungkin paham apa itu facebook, twitter? Mungkin komputer saja masih baku. Sekarang Multimedia adalah trend masa depan. Perkembangan IT tidak pernah berhenti mengikuti zaman, memaksa kita untuk selalu meng-up date kemampuan akan pemahaman terhadap tehnologi baru tersebut. Multimedia, berarti media dengan banyak ragam. Perkembangan dalam dunia busines atau pun entertainment tidak bisa lepas dari multimedia. Perkembangan yang selalu maju dan terbaharui terus telah menciptakan peluang baru dalam bisnis multimedia. Orang tidak akan selalu membeli perkembangan jaman, bagaimana bisa barang yang kita bisa beli hari ini , 30 hari kemudian muncul seri yang lebih canggih dan memaksa kita untuk melepas yang lama dan membeli yang baru.
Multimedia services, sebuah jasa akan penyediaan kebutuhan orang akan banyak media. Jasa adalah sebuah definisi yang sangat luas untuk sebuah usaha kerja, dimana kita dapat benar-benar melakukan pekerjaan itu dengan segala peralatan pendukung ataupun hanya menyediakan peralatan pendukungnya.

Penyediaan jasa multimedia, selanjutnya kita sebut saja multimedia dapat meliputi :
1. Media rekam, yang lebih sering dikenal dengan video shooting / multikamera
2. Media tayang hardware, giant screen , projektor plasma, LCD TV, LED
3. Media internet, jasa layanan dunia maya
4. Media tayang software, pembuatan software,website dan animasi
5. Dll

semua itu sangat di butuh kan di era globalisasi ini. Masihkah ada di zaman sekarang ini yang tidak membutuhkan IT?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar