Keunggulan dan Pekembangan Jurusan Ilmu Komunikasi
- Deskripsi Umum
Melejitnya perkembangan media komunikasi khususnya media komunikasi
massa seperti TV, radio, koran, majalah, tabloid secara signifikan
diikuti pula dengan perkembangan di bidang lain seperti advertising,
broadcasting dan jurnalistik. Ketiga bidang ini merupakan bagian yang
tak terpisahkan dari komunikasi. Oleh karenanya memperdalam ilmu dan
ketrampilan pada ketiga bidang ini merupakan langkah yang tepat karena
merupakan peluang pekerjaan di masa mendatang. Namun demikian untuk
dapat menangkap peluang emas tersebut tentu dibutuhkan kemampuan dan
ketrampilan dasar yang memadai.
- Peluang Kerja
Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi kelak dapat bekerja di lembaga baik pemerintah maupun swasta, misalnya:
- Stasiun Televisi: news anchor, news producer, creative program
producer, program director, camera person, reporter, marketing
communication officer, media planner, audience researcher.
- Stasiun Radio: station manager, producer, news producer, editor,
reporter, music director, program director, announcer, marketing
communication officer.
- Rumah Produksi: producer, camera person, script writer, reporter,
editor, director, marketing communication officer, media planner,
audience researcher.
- Biro Advertising: copy writer, art director, media planner, consumer researcher, research and development officer.
- Penerbitan Surat Kabar: reporter, editor, pemimpin redaksi, lay
out person, research and development officer, marketing communication
officer, media planner, reader researcher.
- Departemen Komunikasi dan Informasi, hotel atau lembaga lain yang membutuhkan communication consultant.
- Event Organizer: Event Manager.
- Menciptakan lapangan pekerjaan sendiri/berwiraswasta dalam bidang periklanan, penyiaran, fotografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar